Objek Wisata jawa timur Park Wahana Wisata di Kota Batu

Jawa Timur Park – Kota Batu

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai objek wisata yang ada di Jawa Timur, tepatnya berada di Kota Batu – Malang. Jawa Timur Park atau biasa disebut dengan Jatim Park merupakan sebuah taman belajar dan wahana permainan yang menjadi salah satu icon wisata di Jawa Timur. Obyek wisata di Batu ini berada sekitar 20 km dari kota Malang tepatnya di Jl.Kartika No.2 Kota Batu. Disini Anda akan menemukan berbagai macam wahana seru dengan jumlah sekitar 50 wahana yang patut sekali untuk dicoba, seperti drop zone, spinning coaster, kolam renang yang berukuran besar dengan hiasan patung – patung serta wahana pendidikan yang menjadikan daya tarik para pengunjung yang datang kesini.wisata di kota batu

Jatim Park sendiri dibagi menjadi 2 yaitu Jatim Park 1 dan 2. Untuk Jatim Park 1 banyak berisikan wahana permainan dan hiburan yang bisa dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Sedangkan untuk Jatim Park 2 banyak berisikan sarana belajar mengenai lingkungan dan alam seperti Museum Satwa, Pohon In Hotel dan Batu Secret Zoo. Jatim Park 2 sendiri berlokasi di Jl. Oro – Oro Ombo No. 9 Kota Batu.

Sejarah Berdirinya Jatim Park Kota Batu

Awal mulanya Jawa Timur tidak begitu terkenal karena perkembangan dari sektor pariwisatanya yang kurang, kebanyakan para wisatawan banyak menghabiskan masa liburan mereka dengan mengunjungi objek wisata yang ada di Bali dan Jogjakarta, karena tidak dipungkiri kedua kota ini memang sangat pesat sekali perkembanganya, utamanya di seltor pariwisata.

Padahal potensi wisata di Jawa Timur sendiri sangatlah banyak, salah satunya adalah potensi yang ada di Kota Batu, yang dulunya masih satu kawasan dengan Kabupaten Malang. Kota ini sebenarnya sudah sangat terkenal sejak masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda, dengan kondisi morfologinya yang banyak terdapat bukit – bukit dan berada diantara Gunung Arjuno dan Gunung Kawi, menyebabkan udara disini sangat sejuk dan sangat cocok sekali sebagai Daerah Tujuan Wisata serta pengembangan pertanian dengan jenis holtikultura, seperti sayur – sayuran, buah – buahan, tanaman obat, bunga serta tanaman hias.

Selain itu, adanya Gunung Panderman yang berdiri diantara Gunung Arjuno dan Gunung Kawi turut memperindah pemandangan Kota Batu. Dan di kawasan inilah Jatim Park dibangun dengan memadukan tempat rekreasi dan hiburan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga nanti diharapkan dapat menarik perhatian wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk mengenal kekayaan alam, budaya serta kemajuan teknologi di Jawa Timur. Selain juga bisa digunakan sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan bagi peserta didik mulai dari tingkat TK hingga Mahasiswa dengan suasana relax dan rekreatif.

Rute Menuju ke Jawa Timur Park Batu 

Untuk mengunjungi objek wisata di Batu ini sangatlah mudah sekali, hal ini dikarenakan lokasi wisata yang berada di dalam Kota serta dekat dengan fasilitas transportasi umum seperti stasiun, bandara dan terminal. Dan apabila Anda berasal dari luar kota, Anda bisa transit terlebih dahulu di Stasiun, Terminal yang ada di Malang, kemudian dilanjutkan menuju ke Terminal Landungsari dengan menggunakan angkutan dengan kode AL / ADL dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan. setelah sampai di Terminal Landungsari perjalanan Anda bisa dilanjutkan menuju Terminal Batu dengan menggunakan angkutan BL/BJL/BTL.

Kegiatan yang dapat di lakukan di Jatim Park Batu 

Jatim Park merupakan sebuah pusat taman hiburan dan rekreasi untuk keluarga, apabila Anda mengunjungi objek wisata di Batu ini Anda bisa menikmati berbagai wahana seru yang ada di sini. Untuk Jatim Park 1 terdapat sekitar 50 Wahana yang sangat menarik untuk dicoba, diantaranya adalah sebagai berikut :

Learning GalleryOutdoor Science CenterPrehistorical SceneAgro ParkBaby ZooFlumride and Mythologies Playground Convoy Car Games Room Mini Jet Remote Car Sky Swinger Bioskop 3D Wall Climbing Ethnic Gallery History Park Post Office Diorama Midi Skater Numismatic Gallery Dragon CoasterBattery CarSamba BallonTrampolineSand GardenChildren Mini Cross AreaGokart Star Chase Ghost Mansion Bumper Boat Columbus Lazer Bumper Car Mini Train Bouncy Castle Air Borne Shot Pendulum Volcano Coaster Galaxy Bumper Car Flower Gallery Spinning Coaster 3D Ghost HaunterWater BoomFuntastic Swimming PoolPipe HouseAmphiteatherFish Park Flying Fox Sky Chopter Worm Coaster Tourism Market Mini Swinger Aero Test Flying Tornado Papua and East Java Ethnic Chemical & Biology Science Center Gallery
Sedangkan untuk Jatim Park 2 sendiri memiliki Fasilitas pendidikan Alam seperti Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Pohon In Hotel. Itulah beberapa wahana yang dapat Anda nikmati apabila berkunjung ke Jatim Park Batu.

Oleh – Oleh Khas

Berbicara tentang Oleh – oleh Kota Batu sendiri memiliki makanan khas bisa Anda peroleh dengan mudah dipusat oleh – oleh yang ada disekitar tempat wisata di Batu tentunya harga yang ditawarkan sangat terjangkau. dan dibawah ini merupakan oleh – oleh khas Batu.

Baca Juga : Hotel Dan Penginapan di Batu – Malang

1. Aneka Kripik

Oleh – oleh yang satu ini sangat cocok sekali untuk keluarga Anda dirumah, berbagai macam olahan kripik bisa Anda dapatkan di Kota Batu, mulai dari kripik Singkong, Tempe, sampai dengan buah – buahan. jadi Anda tinggal pilih sesuai dengan selera Anda.

2. Buah Apel

Salah satu oleh – oleh khas dari Kota Batu adalah buah apel, disini memang banyak sekali ditemuai petani yang menanam tanaman apel dan biasanya tidak hanya dikirim keluar kota, tetapi juga banyak juga dijual di pusat oleh – oleh yang ada disekitar tempat wisata di Kota Batu. Rasanya yang sangat khas menjadikan buah apel Batu menjadi oleh – oleh yang patut untuk di bawah pulang untuk keluarga Anda.

3. Kue Pia / Bakpia

Tidak kalah dengan Jogjakarta yang terkenal dengan Bakpia Pathuknya, Kota Batu juga sangat terkenal sekali dengan Kue Pianya, dan beberapa contoh Kue Pia yang bisa Anda jadikan sebagai oleh – oleh diantaranya adalah Pia Mangkuk, Bakpia Telo, Pia Bobs, Bakpapo Telo, yang terbuat dari Ketela ungu sebagai bahan dasarnya.

4. Jenang Apel

Selain diolah menjadi kripik ternyata buah apel juga bisa diolah menjadi bubur atau istilah dalam bahasa Jawanya Jenang, disini Anda juga bisa mendapatkan dengan mudah salah satu bentuk olahan buah apel ini, yang bisa digunakan untuk oleh – oleh keluarga Anda di Rumah.

Itulah beberapa oleh – oleh yang bisa Anda dapatkan apabila mengunjungi objek wisata di Kota Batu.

Tips Berkunjung di Jatim Park Batu

Mengunjungi objek wisata di Batu ini memang sangat mengasikan utamanya apabila kita bersama keluarga, dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi untuk berwisata ke Jatim Park Batu.

1. Datang Lebih Pagi

Apabila Anda datang lebih pagi, maka Anda akan bisa merasakan serunya aneka wahana yang ada di Jatim Park, karena pengunjungnya masih tidak terlalu banyak. Jam operasional Jatim Park 1 biasanya dimulai dari pukul 08.30-16.30 WIB, sedangkan untuk Jatim Park 2 dimulai dari pukul 10.00 – 18.00 WIB.

2. Membawa Pakaian Ganti

Beberapa wahana yang ada di Jatim Park 1 adalah wahana air, jadi Anda dituntut untuk berbasah – basahan disana, bagi Anda yang menyukai wahana ini pastinya tidak akan melewatkan begitu saja, akan tetapi resiko dari pakaian Anda yang nantinya basah terkena air akan terjadi, untuk itu bawalah pakaian ganti sebelum mengunjungi Jatim Park 1.

3. Memakai Pakaian Yang Santai dan Nyaman

Suasana santai memang sangat enak sekali apabila kita menikmatinya dengan memakai pakaian yang santai dan nyaman, untuk itu apabila Anda mengunjungi objek wisata Jatim Park, gunakanlah pakaian yang santai dan nyaman.

4. Bawalah Perlengkapan Kamera

Untuk mendokumentasikan liburan Anda ke tempat wisata di Batu ini bersama keluarga, Anda dapat membawa kamera dari rumah, akan tetapi perlu diingat apabila Anda menikmati wahana air, jangan sampai kamera Anda terkena air.

Demikian ulasan mengenai objek wisata Jawa Timur Park ( Jatim Park ) Kota Batu, semoga ulasan diatas bisa dijadikan bahan referensi liburan Anda bersama keluarga.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.